Minggu, 13 Maret 2016

what is E-BUSINESS

WHAT IS E-BUSINESS???



E-BUSINESS
Konsep utama dari E-business adalah segala aktifitas bisnis dengan memanfaatkan jaringan komputer dan internet. Tidak hanya transaksi pembelian dan penjualan tetapi juga melingkupi keselurunan kegiatan dan fungsi dari perusahaan tersebut, seperti pertukaran informasi, komunikasi, kolaborasi, riset, pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi). E-business bisa terjadi dalam berbagai bentuk tahapan tergantung dari tingkat pemamfaatan jaringan komputer dan Internet, dengan kata lain seberapa digital perusahaan tersebut.

"Mengacu pada semua penggunaan kemajuan teknologi informasi(TI), khususnya teknologi jaringan dan komunikasi, untuk memperbaiki cara-cara sebuah organisasi dalam melakukan seluruh proses-proses bisnis"(Romney/Steinbart).

Interaksi Eksternal Organisasi dalam E-BUSINESS meliputi:
  • Suppliers
  • Customers
  •  Investors
  • Creditors
  • The Government / Pemerintah
  • Media
Dampak positif
  1. Dapat meningkatan market exposure (pangsa pasar)
  2. Menurunkan biaya operasional (operating cost)
  3. Melebarkan jangkauan (global reach)
  4. Meningkatkan customer loyality
  5. Memperpendek waktu produksi
  6. meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
Dampak negatif
  1.  Pencurian informasi yang berharga.
  2. kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.
  3. Kehilangan kepercayaan para konsumen. Biasanya usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain untuk menjatuhkan reputasi perusahaan,dan juga masih ada banyak faktor juga.
  4. Akses kesumber oleh pihak yang tidak berhak.
  5. kerugian yang tidak terduga, diantaranya disebabkan atas kesalahan faktor manusia maupun faktor sistem elektronik dan bisa juga faktor praktek bisnis yang tidak benar


 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates